Potensi Budaya

by Admin


2020-10-22 13:08:19

900x300

Wisata Budaya juga memiliki potensi untuk dikembangkan di Kecamatan Sebatik Timur. Sebagaimana diketahui, bahwa pulau Sebatik secara umum dan Sebatik Timur secara khusus dihuni oleh berbagai suku dan etnis. Suku dan etnis tersebut hidup harmonis antara satu sama lain dengan tetap berupaya melestarikan budaya daerahnya masing-masing. Salah satu atraksi budaya yang masih dapat dinikmati di wilayah ini adalah tradisi Tudang Sipulung yang rutin digelar tiap tahunnya oleh warga Sulawesi Selatan. Kegiatan ini biasanya digelar saat musim tanam padi.

Kegiatan Mappadendang juga salah satu budaya yang masih dilestarikan di Kecamatan Sebatik Timur terutama di Desa Sungai Nyamuk. Dalam kegiatan ini digelar acara syukuran dan sekaligus selamatan  kampung  yang dilanjutkan  dengan  makan  bersama sambil menikmati atraksi alunan bunyi gemuruh lesung yang bertalu- talu yang dibarengi tarian, nyanyian dan musik lain yang ditampilkan oleh kelompok kesenian yang ada.

Selain   itu,   pelestarian   kesenian   daerah   juga   gencar dilakukan baik oleh paguyuban-paguyuban berbasis etnis maupun di lingkungan lembaga pendidikan yang ada. Para siswa kelas di berbagai jenjang pendidikan sangat lihai memainkan berbagai jenis tari dan seni lainnya. Hal tersebut dapat disaksikan pada acara-acara keramaian yang digelar oleh Pemerintah maupun masyarakat setempat. Sebagai contoh tari Pa’duppa yang biasa dimainkan untuk menyambut tamu dan kesenian reog yang ditampilkan pada acara tertentu

Bagikan Ke: